Alat Mempercantik Blog - Tutorial Bikin Blog - Fasilitas Blog Indonesia

Selasa, 15 Januari 2008

Perbedaan Website dan Blog


Kalo kita lagi browsing, kita sering melihat berbagai jenis Blog dan Website. Kita menggolongkan jenis halaman semau kita sendiri. Namun tahukah kamu, apa perbedaan blog dan websites? Kenapa kita bisa menganggap sebuah halaman sebagai situs dan halaman lainnya sebagai blog? Kira kira Apa dasar yang kita gunakan yaa?

Pada dasarnya, blog dan website itu sama. Tetapi, "penciptaan" mereka memiliki tujuan yang berbeda. Walaupun Begitu, mereka memiliki kesamaan. Yaitu sama sama menggunakan URL. Ada yang mengatakan bahwa perbedaan blog dan situs terletak pada URLnya. Jika blog, URLnya "ngikut" domainnya orang kayak blog ini. Sedangkan Website itu domainnya mandiri kayak google.com bukan google.blogspot.com . Tetapi aku tidak sependapat. Aku memiliki alasan yang cukup kuat. Begini, sebagai contoh, saya ambil blog seokita punya Pak Keke. Blog itu beralamat di www.seokita.com . Jika menurut penjelasan diatas, halaman ini bukanlah blog tapi situs. Tetapi menurut pemilik, halaman ini adalah blog.

Jadi apa yang dapat kita ambil dari masalah di atas? Aku berkesimpulan bahwa, perbedaan blog dan website adalah seringnya halaman itu di update. Jika sebuah halaman sering di update, maka halaman tersebut disebut Blog. Sedangkan jika tidak pernah / jarang di update, halaman tersebut bisa disebut Websites.

Ada yang kurang setuju? tulis aja di Comment...

Nah sekarang aku punya pertanyaan... Aku punya sebuah halaman. Alamatnya www.my-pulsa4.blogspot.com . coba kamu lihat dulu. Bagian pendaftaran(diatas posting), itu gak pernah aku update sedangkan bawahnya(bagian posting) lumayan sering ku update. Menurut kalian, termasuk apakah halaman saya ini? Blog atau Websites?

Sumber Gambar : Adi Wirawan

Copy-Paste kode di bawah ini jika Anda ingin mempublikasikannya ulang untuk keperluan non-komersil. DILARANG memodifikasi separuh atau seluruh bagian dari kode tersebut.

*Widget By Vandy 165

14 komentar:

Anonim mengatakan...

cuma nambahin .....
sebenarnya yang punya url ya hanya website. sedangkan blog itu bagian dari website, karena dia berada dalam sebuah website contoh blogspot.com, ini adalah website berisi directory/blogger yang jumlahnya banyak sekali termasuk anda di dalamnya. Jadi sangat berbeda sekali.

wy iMuttz..... mengatakan...

Uh jd Apa peRbedaan Blog n Web?????

khonzianlianzi_014 mengatakan...

mas sya sudah membuat blog degan bloger. tapi gimana ya biyar tulisan2/artikel2 kita akan tampil dihalaman lain??
cz punyakku tampilnya di sisi bawah artikel yang terakhir
coba liat www.pandawa.blogspot.com
tolong bimbingannya ya kirim ke email alief1988@gmail.com

atau dibalas disini jg gpp
makasih be4

Anto mengatakan...

saya setuju dengan postingan anda, dan saya kurang setuju dengan Anonim, menurut saya blog dan web tidak di bedakan dengan URL nya, contoh blog saya selain bisa di akses dengan URL http://tanahgrogot.blogspot.com bisa juga di akses dengan www.haryanto.tk, jadi menurutsaya perbedaan blog dan web adalah kalau blog stiap updatenya akan menambahkan halaman baru contoh http://tanahgrogot.blogspot.com/2009/06/kisah-tragis-manohara-pinot.html
sedangkan web setiap updatenya hanya merubah isi halaman yang sudah ada,kalau salah.. maafkan daku yang culun ini..

Anto mengatakan...

maaf balik lagi saya lihat postingan yang berada di | muhammadroqib dot blogspot dot com | dan link yang berada di tulisan Blog ini pun telah berubah menjadi url halaman tersebut, kalau di lihat dari tanggal nya di sini lama.. note: sengaja saya ganti titik dengan kata dot, agar halaman tersebut tidak mendapat keuntungan dari komentar ini.. terimakasih.. skali lagi maafkan daku yang culun ini..

denik mengatakan...

Yang jelas, blog sudah pasti website, dan website belum tentu blog

Unknown mengatakan...

Kalo menguntungkan orang ya kita anggap amal aja mas.saya setuju dengan mas anto,banyak blog yang menggunakan nama domain sendiri seperti .com .org .net .tk .co.cc.menurut saya perbedaan website dan blog hanya terletak pada sejarah,update,dan hubungan pengunjung lewat commentnya.

ari mengatakan...

ternyata begitu.. tambah tahu aku!

Anonim mengatakan...

So what gitu loh..

HAZEL DIO FEBRIADI mengatakan...

menurut saya,

Blog sudah pasti website, tapi
Website belum tentu blog.

Beda blog dengan website, menurut saya:

Blog: sudah dipersiapkan, tinggal kita daftar, edit-edit. contoh: blogger, wordpress, multiply

Website: kita membuat sendiri, hosting sendiri, domain sendiri.

Sahabat Satker mengatakan...

makasih infonya, untuk info lebih lanjut tentang blog buat para newbie, silahkan kunjungi blog saya
newbie-blogging.blogspot.com

Anonim mengatakan...

ane setuju ama sbagyo, klo blog itu dpt dilihat dari interaksi antara pemilik blog dan antar pengunjung. sorry klo ane salah ane kurang pandai bermain kata :D

cyberfrogteam (ADMIN) mengatakan...

tukar link????
ditunggu realbacknya gan

cyberfrogteam (ADMIN) mengatakan...

tambahan :
Website adalah DOMAIN
contoh : bloger adalah website, sedangkan http://alatalatblog.blogspot.com/ adalah blog (subdomain)
Blog : SubDomain dari DOmain (website)

 
Alat Para Blogger | Panduan Memperindah Blog | Teknik Blog Mutakhir | Pernak Pernik Blog